BSMI

Kunjungan Relawan Diklatsar BSMI Ke Kemenlu RI Bahas Palestina

 

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI), melalui program Diklatsar Relawan 2015, mengadakan kunjungan ke Kementrian Luar Negeri untuk membahas mengenai peran, dukungan, dan kontribusi Indonesia kepada Palestina.  Kunjungan para calon relawan BSMI yang dipimpin oleh Humas Pardian Sulaiman, merupakan bentuk kerjasama antara lembaga pemerintah dan swasta untuk bersama membantu permaslahan kemanusiaan di Palestina.

Menurut Ketua Sub Bidang Timur Tengah Kemelu Lukman Hakim Siregar,  BSMI merupakan organisasi yang tidak asing lagi baginya, “Ketika saya bertugas di Yordania, BSMI merupakan lembaga yang secara intens membantu Palestina memenuhi segala keperluannya” ucapnya di kantor Kementrian Luar negeri Jumat (23/10) lalu.

Alasan dari pemberian bantuan Indonesia untuk Palestina, lanjut Lukman, karena berdasar isi Undang-Undang Dasar Republik Indonesia, yang menyebutkan bahwa kemerdekaan ialah hak segala bangsa, namun Palestina merupakan satu-satunya bangsa yang masih dijajah hingga saat ini. Ungkap Lukman,  Indonesia merupakan” the biggest reservoir” yang berarti pemberi dukungan terbesar bagi Palestina dalam berbagai bidang. Bantuan yang telah diberikan oleh Indonesia diantaranya adalah penyediaan  bahan makanan, listrik, obat-obatan, hingga bidang pendidikan.

Selama enam tahun sejak 2009 hingga 2014, BSMI telah memberikan bantuan sebesar Rp 40 Milyar untuk kebutuhan warga Palestina termasuk memberikan bantuan biaya pendidikan bagi beberapa warga Palestina untuk belajar di Indonesia. Salah satunya adalah Abdelrahman yang telah menyelesaikan studi kedokteran dan Ilmu Keperawatan di Universitas Islam Negeri Jakarta tahun ini. Menurutnya, dia senang mendapat bantuan pendidikan dan dapat tinggal di Indonesia dengan nyaman, “ Saya senang bisa belajar studi kedokteran di Indonesia” tuturnya ketika ditemui di acara Roadshow film KMGP di Rumah Sakit Olahraga Nasional (17/10).

Solusi dari penawaran perdamaian antara Palestina dengan Israel dapat melalui dua cara, yaitu :  two state solution yang artinya masing-masing kedua negara bergerak masing-masing dan one state solution atau kepemilikan menjadi hak kedua negara. Terlepas dari hal itu, sudah banyak negara yang mendesak Israel untuk menghentikan serangannya kepada Palestina.

Bulan Sabit Merah Indonesia merupakan lembaga kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kesehatan dan sosial untuk membantu permasalahan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun mancanegara. Setiap program dan kegiatannya, para relawan yang tersebar di 130 kota/kabupaten di Indonesia tidak membedakan suku, agama, ras, dan atau golongan. []

 

Editor: Qanita Azzahra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *