BSMI

Krisis Libya Bisa Masuk Kategori Kejahatan Terhadap Kemanusiaan

Mengungsi. para pengungsi dari penduduk Libya ramai-ramai menuju perbatasan (Foto: AP)

(detiknews.com) Tripoli, Dewan Keamanan PBB saat ini sedang membuat draf Resolusi Dewan Keamanan PBB menyangkut kekerasan yang terjadi di Libya. Dalam draf yang dibuat oleh kekuatan-kekuatan Barat tersebut, Muammar Khadafi diperingatkan bahwa kekerasan di negaranya ini bisa disebut ‘kejahatan terhadap kemanusiaan’ atau yang terkenal dengan istilah crimes agains humanity.

“Resolusi tersebut mengatakan bahwa kekerasan ini bisa disebut sebagai kejahatan terhadap kemanusiaan,” kata seorang diplomat PBB yang enggan disebutkan namanya seperti dilansir AFP, Sabtu (25/2/2011).

Resolusi PBB tersebut juga menyerukan larangan perjalanan ke Libya dan pembekuan terhadap aset Khadafi dan pejabat tinggi serta embargo senjata terhadap Libya.

Resolusi itu pun mengatakan bahwa Mahkamah Pidana Internasional harus menyelidiki kekerasan yang terjadi di Libya selama demonstrasi menuntut mundurnya Khadafi berlangsung.

Ribuan orang diperkirakan tewas dalam aksi unjukrasa menentang pemerintahan Muammar Khadafi di Libya. Masyarakat internasional harus segera “mengirim pesan yang jelas” untuk Khadafi agar menghentikan kekerasan.
“Ribuan orang telah tewas dalam aksi unjukrasa,” kata Duta Besar PBB untuk Libya Ibrahim Dabbashi seperti dilansir AFP, Sabtu (26/2/2011).

Dabbashi mengatakan kepada wartawan di Libya bahwa kondisi psikologis Khadafi tidak stabil. “Khadafi memiliki pilihan antara yang dibunuh atau bunuh diri,” katanya.

(dul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *