BSMI

Ketua Umum: "Recovery Bencana BSMI Selama Setahun"

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menghadiri sebuah diskusi dengan para aktivis relawan dan media massa sebagai nara sumber yang diselenggarakan oleh Kementrian Sosial RI di Lt.2 Gd.Kemsos Jakarta Selasa (28/12). Diskusi yang bertajuk “Peran Relawan Sosial dalam Penanganan Bencana” membahas seputar sejumlah kegiatan relawan yang telah diterjunkan di wilayah bencana dalam tanggap darurat.

Ketua Umum BSMI Dr. Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS didaulat oleh Kemsos sebagai narasumber bersama Direktur BSKBA Depsos RI Drs. Andi Hanindito, Direktur Operasi dan Latihan BASARNAS Marsekal Pertama TNI Teddy Sutedjo PS dan Direktur PendayagunaanTomy Hendrajati. Menurut Dr. Basuki, BSMI telah menerjunkan relawan-relawan terbaiknya dalam tanggap bencana di daerah-daerah di Indonesia seperti di bencana Wasior, Mentawai dan Merapi. Penanganan bencana dalam satu daerah tidak hanya sampai tahap tanggap bencana saja, tapi minimal program bantuan kepada korban bencana dalam satu tahun.

Dalam diskusi tersebut memunculkan sebuah gagasan agar membuat suatu wadah yang menghimpun para relawan di Indonesia. Namun, gagasan ini memunculkan pro dan kontra baik dari nara sumber maupun para audiens diskusi. “Ide menghimpun relawan dalam satu wadah itu sangat baik tapi mesti dipikirkan bagaimana harus menyatukan visi dan misi latar belakang masing-masing relawan. Jik a memang diperlukan, maka wadah itu dimulai dalam bentuk forum komunikasi dan forum silaturahmi,” ujar Dr. Basuki. (dian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *