BSMI

Ketua Umum BSMI : WNI di Libya Harus Dievakuasi

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Proses evakuasi warga negar indonesia (WNI) yang berada di Libya belum seluruhnya rampung menyusul konflik bersenjata yang menimpa negeri kaya minyak itu. Menurut Ketua Umum Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Muhamad Djazuli Ambari, SKM, M.Si menyarankan pemerintah membentuk tim atau delegasi perdamaian untuk mengevakuasi seluruh WNI yang tersisa di Libya. Ia mengingatkan, dalam situasi konflik masyarakat Libya mudah menaruh curiga kepada warga asing sehingga seluruh WNI sebaiknya diungsikan.

Mengenai opsi paksa, menurut M. Djazuli harus dilakukan dulu pemetaan zona aman dan rwan. Bisa saja seluruh WNI dipindahkan ke wilayah Libya yang aman sebagai alternatif ke luar negeri itu. Tim evakuasi juga harus menjalin komunikasi dengan pihak bertikai, pendukung Presiden Muamar Qadafi dan kubu oposisi.

“Kita harus memetakan wilayah yang mereka kuasai, baru masuk dan melakukan evakuasi. Pemetaan zona konflik penting untuk menghindarkan warga kita terjebak. Bila ada WNI yang berada di zona konflik harus dievakuasi tanpa terkecuali,” imbuh Djazuli. (Republika)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *