BSMI

Kerjasama CSR tahun ke 3 antara BSMI-INDOSAT

Jakarta – Sebagai upaya pemenuhan kesehatan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat khususnya kesehatan ibu dan anak, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) kembali menjalin kerja sama dengan PT Indosat Tbk. Melalui penandatanganan kerjasama (MOu) yang ketiga untuk periode 2011 di Kantor Pusat PT Indosat (5/8), BSMI bersama beberapa lembaga pelayanan lain turut dalam serah terima kunci Mobil Sehat Keliling yang secara simbolis diserahkan oleh Dirut PT INDOSAT Harry Sasongko. Kerja sama itu diwujudkan dalam bentuk Program Mobil Klinik Sehat Keliling yang berfokus pada peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dan pembinaan di wilayah binaan dengan porsi peningkatan kualitas komunitas, yang beroperasi di wilayah Priangan Timur dan Pantura.

“Program ini telah berjalan sejak 2008 silam.  Selama periode kedua, sudah 18.163 pasien terlayani dari jumlah KPI (Key Performance Indicator) 15.624 pasien,” ujar Koordinator Daerah Priangan Timur, Reni Nuraini” Tahun lalu, angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) masih tinggi. AKI 307 per 100.000 kelahiran hidup dan AKB 34 per 1.000 kelahiran hidup. Tingginya angka kematian ibu dan anak di negara kita ini menunjukkan masih belum memadainya pelayanan kesehatan yang dapat menjangkau masyarakat banyak.

Sehingga, untuk mencapai sasaran Millenium Development Goals (MDGs) pada 2015, yaitu AKI sebesar 102 per }00.000 kelahiran hidup dan AKB menjadi 23 per 1.000 kelahiran hidup, diperlukan kerja keras dan upaya percepatan yang lebih besar.  “Kamijuga memberikan pendidikan dan penyuluhan kesehatan bagi Ibu hamil, USG, Imunisasi TT, PMT (Pemberian Makanan Tambahan), pemberian zat besi, fogging, khitan, pembinaan berkala kader posyandu, pemberian penghargaan untuk kader aktif, pemantauan jentik berkala, penghijauan lingkungan, dan pelatihan tanggap bencana untuk masyarakat di wilayah rawan bencana,” ungkap reni.

Ketua Umum BSMI, Muhamad Djazuli Ambari SKM MSi, mengatakan tak hanya memberikan pelayanan kesehatan, mobil klinik ini juga beroperasi pada setiap bencana yang terjadi di wilayan Jawa Barat dan Jawa Tengah. (Neraca/dul)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *