BSMI

Kebakaran Hutan Di Gunung Lawu Mendekati Pemukiman Penduduk

 

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Kebakaran Gunung Lawu di jalur pendakian Cemoro Sewu, Magetan, jawa Timur mengakibatkan api mulai mendekati pemukiman warga sekitar dan perbatasan jembatan jalan raya Cemoro Kandang, Karanganyar, Jawa Tengah pada Minggu (25/10/2015)

Menurut Informasi, jarak api bertambah dekat dari 500 meter pada Jum’at (23/10/2015) menjadi 200-300 meter dari rumah warga di sektiar pintu masuk Cemoro Sewu.  “Kondisi saat ini sudah berada diatas rumah warga, mungkin malam bisa sampai ke dekeat jalan. Tetapi, belum mengenai rumah warga. Ada sekitar 43 rumah di dekat pintu masuk Cemoro Sewu. Jam 14.00 WIB tadi siang,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Magetan, Agung Lewis.

Agung menambahkan, ratusan sukarelawan dari BPBD Magetan, BPBD Karanganyar, Perhutani, Tim SAR Karanganyar, Tim SAR Magetan, Polsek Tawangmangu, Polsek Magetan, AGL, Basarnas, dan warga berusaha memadamkan api. Mereka menggunakan delapan unit mobil pemadam kebakaan untuk memadamkan api yang dikhawatirkan bakal masuk ke pemukiman warga. “Kita basahi pohon dibawah ini agar tidak merembet ke rumah warga. Supaya api lari ke atas ketika dibawah sudah disemprot. Itu yang dilakukan menyelamatkan rumah,”terangnya.

BPBD juga menyiagakan dua tangki, PDAM menyiagakan tiga tangki, dan DPU menyiagakan satu tangki di lokasi kejadian. Total enam tangki mendukung kerja delapan mobil pemadam kebakaran.

Ungkap Agung bahwa Petugas belum mengevakuasi warga. “Hanya disuruh keluar. Panik semua. Jalan tidak ditutup total. Itu dua arah. Dari Karanganyar-Magetan ditutup untuk memperlancar pemadaman. Dari Magetan ke Karanganyar dua arah, ungkap dia.
Selain memadamkan api menggunakan pemadam kebakaran, sukarelawan dan warga di lokasi berusaha memadamkan api dengan cara manual. Mereka membuat ilaran dan memukul api menggunakan ranting, dan lain-lain,” ujarnya. []

 

Sumber Berita: Tribunnews.com

Editor: Ria Rahayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *