BSMI

Jelang Munas dan Mukernas: BSMI Gelar Simposium Nasional

 

(Jakarta) Menjelang diadakannya (Musyawarah Nasional) Munas dan Musyawarah Kerja nasional) Mukernas di Yogyakarta 22-24 Juli 2011 mendatang, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menggelar rangkaian kegiatan sosial bagi warga sekitar DI Yogyakarta. Operasi katarak gratis dan khitanan saat liburan sekolah yang diadakan oleh BSMI diharapkan dapat memberikan layanan yang bermanfaat bagi warga yang membutuhkan uluran tangan. Selain itu, Simposium dan Lokakarya skala nasional akan siap digelar sebelum pembukaan Munas dan Mukernas BSMI.

Demikian yang diungkapkan oleh Pembina BSMI dr. Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS saat diterima audiensi bersama jajaran pengurus BSMI lainnya oleh Menteri Sosial Dr. Salim Segaff Al Jufrie di Kantor Kementrian Sosial, Jakarta beberapa waktu yang lalu. Menurut dr. Basuki, BSMI selalu berupaya memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi warga yang tidak mampu. “Bapak Mensos telah mengapresiasi upaya BSMI bahu-membahu bersama pemerintah untuk mengatasi permasalahan sosial di Indonesia. Apalagi saat ini, pemerintah dan DPR masih belum menemukan cara yang pas untuk implementasi UU No 40/2004 tentang (Sistem Jaminan Sosial nasional) SJSN di tengah-tengah masyarakat,” kata dr. Basuki.

Oleh karena itu, lanjut dr. Basuki, BSMI berupaya akan memberikan sejumlah rekomendasi positif untuk pemerintah melalui Simposium dan Lokakarya “Implementasi 7 Tahun UU No 40/2004 tentang SJSN” yang akan digelar menjelang pembukaan Munas BSMI Jumat 22 Juli di Yogyakarta. Simposium tersebut rencananya akan dibuka oleh Bapak Mensos dan akan turut dihadiri oleh anggota DPR RI Komisi IX serta sejumlah praktisi pendidikan dan sosial skala nasional dan masyarakat umum. “Semoga setelah acara tersebut, BSMI akan memberikan jurus-jurus yang efektif dan efisien kepada pemerintah untuk mengimplementasikan UU SJSN untuk memberikan kesejahteraan sepenuhnya bagi masyarakat,” harap dr. Basuki.

Sementara itu, masih dalam rangkaian kegiatan menjelang Munas dan Mukernas, BSMI bekerjasama dengan Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (Perdami) telah mengadakan Operasi Katarak Gratis bagi warga tidak mampu Minggu, (2/7) pekan lalu. Operasi Katarak yang berhasil mengoperasi 88 penderita katarak dilaksanakan di dua tempat yakni di di RS Akademik UGM, Sleman dan di Kantor Balai Pengobatan PPKR BSMI, Klaten. Menurut panitia kegiatan Dr. Bambang Edi Soesyanto, SpA, M.Kes, acara pelayanan bagi masyarakat tersebut berbarengan dengan syukuran Milad BSMI ke-9 yang jatuh pada 8 Juni 2011.

Selain operasi katarak, tambah Dr. Bambang, BSMI juga mengkhitan massal 19 anak di Sleman. Selain dikhitan gratis yang bertepatan dengan masa liburan sekolah, anak-anak tersebut mendapatkan bingkisan untuk menghibur mereka usai dikhitan. (dian)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *