BSMI

Gunung Lokon Kembali Meletus

Foto: Antara/Jeremy

(Manado) Gunung Lokon yang terletak di Tomohon, Sulawesi Utara, kembali meletus Kamis malam sekitar pukul 22.30 Wita. Warga Kinilow, Tomohon, yang berlokasi di dekat Gunung Lokon, Herdi Togas ketika dihubungi membenarkan terjadinya letusan yang kuat hingga mengeluarkan lava pijar yang membumbung ke udara.

Letusan Gunung Lokon membuat panik warga Tomohon dan membuat jalan-jalan di Tomohon ramai oleh pengungsi. TNI dan Tim SAR mengevakuasi warga yang berjarak 3,5 Kilometer dari gunung tersebut ke lokasi pengungsian diantaranya Pendopo Pemkot Tomohon dan sejumlah sekolah. “Banyak orang mengungsi di jalan-jalan, terutama mereka yang tinggal di zona merah,” ujar warga Tomohon, Johanes Pangkey.

Pemerintah setempat telah menetapkan zona bahaya di Kelurahan Kinilow Lingkungan I, 2, 3 dan 7 serta Kinilow I Lingkungan V. Letusan Gunung Lokon juga terlihat di kawasan Boulevard, Manado, Bumi Beringin dan Kairagi, Kecamatan Mapanget. “Letusannya terlihat dari Manado Convention Center (MCC), kawasan boulevard, Manado. Baru kali ini lihat lava seumur hidup,” ujar Gina Saerang, mahasiswa Unsrat Manado, yang melihat lava bersama keluarganya.

Staf ahli Gubernur Sulut, Jackson Kumaat langsung memerintahkan anggotanya dari Go Jacko Foundation untuk membawakan makanan siap saji dengan membuka posko di Desa Agotey dan Koha, Kecamatan Tombariri. (Antara News)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *