BSMI

Dubes Jepang Terima Delegasi BSMI

Serah Terima Donasi. Foto ka-ki (Dr. Prita Kusumaningsih, SpOG, Dr. Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS, Yoshinori Katori, M. Djazuli Ambari, SKM, M.Si, Muhammad Rudi dan Pardian Sulaiman, S.Sos)

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Duta besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, Jumat (3/6), menerima delegasi Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) di kantor Kedutaan Besar Jepang.

Pada pertemuan tersebut, sejumlah delegasi yang terdiri atas Pembina BSMI dr. Basuki Supartono SpOT FICS MARS, Ketua Umum BSMI Muhamad Djazuli Ambari SKM MSi, Sekretaris Jenderal Muhamad Rudi, Bendahara Umum dr. Prita Kusumaningsih SpOG, dan Humas Pardian Sulaiman, S.Sos, menyerahkan bantuan kemanusiaan dari masyarakat Indonesia yang dititipkan kepada BSMI untuk rakyat Jepang yang menjadi korban bencana gempa dan tsunami di Jepang pada 11 Maret silam.

“Tujuan kami menemui Dubes Jepang ini memang untuk menyerahkan bantuan secara langsung untuk korban tsunami di Jepang, karena tim kemanusiaan kami batal berangkat ke lokasi bencana untuk membantu korban di sana. Bantuan ini merupakan donasi masyarakat yang peduli dengan rakyat jepang. Dana itu, dikumpulkan oleh BSMI dari masyarakat umum sejak tanggal 13 Maret atau dua hari setelah peristiwa gempa dan tsunami hingga hari ini Jumat (3/6)” kata Ketua Umum BSMI, M.Djazuli kepada Dubes.
Djazuli menambahkan, sebagai lembaga kemanusiaan, BSMI perlu banyak belajar dari Jepang dalam penanggulangan bencana mengingat Jepang merupakan negara yang mandiri dan tanggap terhadap bencana. “Kami berharap BSMI bisa menjalin kerjasama dengan Kedutaan Besar Jepang untuk Indonesia seperti pelatihan tanggap bencana dan bahaya radiasi nuklir. Apalagi di Indonesia juga terdapat pabrik-pabrik nuklir dan termasuk negara yang rentan terhadap gempa,” lanjutnya.

Sementara itu, duta besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, sangat berterimakasih atas bantuan yang diberikan masyarakat Indonesia melalui BSMI untuk rakyatnya. Ia menjelaskan bahwa Jepang saat ini sudah mulai berangsur berangsur pulih. Selain diterima oleh Duta Besar Jepang untuk Indonesia Yoshinori Katori, BSMI juga turut didampingi oleh Sozabaru Mitamayama (Penasehat Duta Besar Bidang Politik), Takayuki Kawai (Sekretariat Dubes Bidang Informasi dan Budaya) dan Uematsu Ryosuke (Wartawan Harian Jakarta Shimbun). Atas donasi itu, pihak Kedutaan Jepang menghargai upaya uluran tangan yang sudah dilakukan BSMI karena sangat membantu dan memberikan semangat bagi masyarakat Jepang.
“Kami berterimakasih kepada rakyat Indonesia atas bantuan dan dukungannya. Saat ini Jepang dalam proses recovery. Enam sampai sembilan bulan ke depan diharapkan Jepang sudah dalam kondisi stabil. Korban akibat radiasi nuklir sudah dievakuasi dan dilindungi dari bahaya nuklir dengan menempatkan mereka di shelter-shelter pengungsian,” ujar Katori kepada BSMI. Tak hanya mengevakuasi korban bencana, sambungnya, pemerintah Jepang juga sedang berupaya mendirikan pusat-pusat nuklir yang telah rusak dan mendinginkan pabrik-pabrik nuklir yang telah terbakar. “Kami sangat berterimakasih, karena bantuan dan dukungan yang diberikan kepada kami sangat membantu untuk kembali bangkit dari bencana besar ini,” ungkapnya.

Saat menerima pemberian tersebut, Yoshinori Katori terharu dan berjanji akan selalu mengingat Indonesia. Ia juga akan berusaha membangun hubungan baik dengan masyarakat Indonesia. (rina)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *