BSMI

BSMR Nurul Fikri Gelar "Emergency Ranger" di Anyer

 

(BSMI.OR.ID) – Anyer . BSMR (Bulan Sabit Merah Remaja) yang secara fungsional merupakan bagian dari kegiatan Organisasi Intra Siswa Sekolah yang bersifat ekstrakulikuler yang bergerak didalam bidang kemanusiaan, kesehatan dan sosial dan merupakan salah satu program unggulan dari BSMI (Bulan Sabit Merah Indonesia).

BSMR Yayasan Nurul Fikri membuat gerakan untuk memperkenalkan BSMR dan merangkul SMA disekitarnya untuk lebih meningkatkan rasa kemanusiaan, sosial yang tinggi yaitu dalam acara Emergency Ranger di aula kolam renang Yayasan Nurul Fikri, Ahad (30/4). Adapun sekolah yang diundang sebanyak 24 sekolah untuk mengirimkan masing-masing perwakilannya, akan tetapi 8 sekolah yang bias memberikan konfirmasi untuk kehadirannya diantaranya SMAN 1 Padarincang, SMAN 1 Ciomas, MA Fajrul Karim, MA Rancaranji, SMK Istana Mulya, SMA Al-Bayan, dan SMA terdekat Yayasan Nurul Fikri.

BSMR Yayasan Nurul Fikri juga mengundang pihak BSMI Kab. Serang dan Prov.Banten yaitu Annisa Nurul Khomsa, S.ST , Edi Susanto, Pujawanti, Ust Hengky dan dr. Mangaraja Victor. Dalam acara ini, peserta yang hadir sebanyak 79 peserta dan persiapan yang dilakukan oleh panitia sebanyak 20 orangdengan  pembimbing Pak Eki Baihaqi (Pembina BSMR Yayasan Nurul Fikri dan sebagai Kepala Departemen BSMR Prov. Banten).

Tepat pukul 09:15 WIB acara Emergency Ranger dimulai oleh pembawa acara yang sangat menghibur dan humoris dengan gaya mereka yang sangat unik yaitu Dhias dan Andre. “Alhamdulillah acara Emergency Ranger yang ke-2 dapat dilaksanakan karena ini sangat penting untuk menolong umat muslim dunia” ucapan sambutan Andre Botak (Ketua Pelaksana). Materi yang sangat berharga dan penting ini disajikan oleh dr. Asep Supriadi, Sp. Em. Seorang dokter dari Rumah Sakit Drajat Prawiranegara Serang, dan dibantu oleh kedua rekannya yaitu Farly Ikhsan, S. Kep. Seorang perawat IGD. Dan Kidung, S.Kep. seorang perawat HCU Rumah sakit Drajat Prawiranegara Serang. Materi yang dibahas oleh dr.Asep Supriadi, Sp.Em. yaitu pertolongan pertama pada kecelakaan, digigit ular, patah tulang, terdesak, Lifting dan Moving.

Tidak hanya materi saja yang diberikan bahkan simulasi juga kerap diberikan dengan dibantu kedua rekannya kidung, S.Kep dan Farly Ikhsan, S.Kep. Keantusiasan peserta sangat luar biasa bisa dilihat dari cara mereka mendengarkan, menanyakan, dan ingin mencoba dan mencoba. Acara ini dimeriahkan juga oleh penampilan” berbakat dari BSMR Yayasan Nurul Fikri untuk mengibur peserta yang datang, bahkan game yang berbuahkan doorprize pun tidak mau kalah panitia sediakan. Dan dilanjutkan dengan menyanyikan Mars BSMI dipimpin oleh Pak Eki, Annisa NK, Ust Hengky.

 

 

“Jam 06 pagi saya berangkat kesini, bersama kedua rekan saya. Menurut saya acara ini sangatlah bagus dan pesertanya sangat antusias sekali. Sedikit masukan mungkin acara seperti ini bisa dilakukan 3 atau 4 bulan sekali untuk mengenalkan BSMR”. dr. Asep Supriadi, Sp. Em. Berpendapat. Begitu pula Farly Ikhsan, S. Kep (sekaligus ketum HITGB) angkat bicara “waaah.. antusias pesertanya yang bikin saya bahagia sekali, dan mungkin ada kekurangan dari papan yang kami bawa hanya sedikit”. Sedangkan Kidung, S. Kep. menjawab pertanyaan dari pihak BSMI “lumayan cape, tapi hilang begitu saja setelah hasil yang kita ajarkan bisa diterima dan ditangkap dengan baik oleh mereka”. Pak Eki (Pembina BSMR Yayasan Nurul Fikri) pun sangat senang “peserta sangat luar biasa banyak yang ingin mencoba, menurut saya sudah maksimal yah sebisa saya, karna dari persiapan sudah direncanakan dengan matang”.

Pukul 15:05 WIB acara Emergency Ranger ditutup dengan rasa syukur Alhamdulillah berjalan lancar.

Menolong orang yang membutuhkan pertolongan dengan pertolongan pertama itu sangat penting untuk mengurangi resiko tinggi yang mungkin akan terjadi. Buka mata, buka hati, dan gerakan tangan untuk menolong sesama.

Salam kemanusiaan tanpa batas !

 

Sumber Berita: Pujawanti (Relawan BSMI Kota Serang)

Editor: Pardian Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *