BSMI

BSMI Upayakan Kirim Bantuan ke Dieng

(Dieng – BSMI.OR.ID) BSMI DI Yogyakarta mengirim sejumlah relawan untuk melakukan pendataan lokasi bencana gas beracun Gunung Dieng, Rabu (1/6). Selain pendataan, relawan juga mengupayakan untuk mengirimkan bantuan kepada para pengungsi Dieng seperti alas tidur dan selimut , perlengkapan sholat bagi wanita, susu, Biscuit/makanan ringan, serta tenaga Psikiater anak.

Menurut Koordinator Tanggap Bencana BSMI DIY Dr. Fristi Oktanindi, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan koordinator Pos Utama di kantor Desa Batur Purbalinggo. Kemudian relawan melanjutkan pendataan pengungsi di beberapa titik desa termasuk ke desa Sumber Rejo. Tercatat 234 jiwa masih mengungsi dan 40 Jiwa memilih tetap tinggal di rumah dengan alasan menjaga harta benda.

Sementara itu sebagian para pengungsi korban gas beracun di Dieng, Jawa Tengah, mengeluhkan keterlambatan bantuan pangan serta minimnya fasilitas kebersihan. Mereka pun menagih janji pemerintah Kabupaten Banjarnegara yang akan menjamin kebutuhan para pengungsi.

Satu malam telah dilewati warga Dusun Serang dan Sumberejo, Banjarnegara, di pengungsian. Kekhawatiran mereka pun terjadi, bantuan makanan tidak lancar, Rabu (1/6). Dalam keadaan darurat memang harus dimaklumi jika belum semua tim pendukung berfungsi. Namun pemerintah terlanjur berjanji memenuhi kebutuhan warga Dusun Serang dan Sumberejo selama di pengungsian.

Sedikitnya 170 warga Dusun Serang dan Sumberejo dievakuasi menyusul peningkatan semburan gas beracun dari Kawah Timbang. Mereka ditampung di Balai Desa Batur. Namun hingga saat ini jumlah keseluruhan pengungsi telah mencapai 600 orang dan ditampung di 16 titik pengungsian. Jumlah inipun diperkirakan masih bertambah. (BSMI-DIY & liputan6)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *