BSMI

BSMI Terjunkan Bantuan ke Pidie

Relawan medis BSMI memberikan pelayanan kesehatan kepada korban banjir. (Foto: BSMI Aceh)

(Pidie – BSMI.OR.ID) Tim kemanusian Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Aceh menerjunkan relawan dan bantuankemanusian di lokasi bencana banjir bandang Tanse, Pidie, Aceh pukul 14.00 WIb, Sabtu (12/3). Tim relawan yang dipimping oleh Ketua BSMI Aceh Heri Riswandi berupaya untuk membantu pasien yang menjadi korban bencana . Banjir bandang yang terjadi pada tanggal 11 maret 2011 tersebut, telah meluluh lantakkan 11 desa dan telah menelan korban jiwa sekitar 15 orang dan ribuan pengungsi. Menurut pantauan BSMI, desa-desa yang terkena banjir bandang adalah Peunalom 1, Peunalom 2, Rantau panjang 1, Rantau panjang 2, Blang pandak, Layan, Blang bungoe, Blang dot, Ieree, Blang teungo dan Blang dalam.

Setelah berkordinasi dengan relawan BSMI Pidie, tim relawan meluncur ke lokasi bencana untuk menyerahkan bantuan obatan-obatan, bahan makanan dan logistik serta melakukan pemetaan kebutuhan korban bencana banjir bandang. Dari hasil survey tersebut, tim memutuskan akan melakukan pelayanan kesehatan di desaKrueng Meriam.

Sementara itu, Tim Relawan Kemanusiaan BSMI Banda Aceh dan BSMI Pidie, yang terdiri dari 20 personil (9 medis 11 umum), melakukan aksi kemanusiaan di desa rantau panjang 2, Ahad (13/3). Untuk mencapai desa tersebut tim harus berjalan kaki sejauh 6 km krn akses jalan telah tertimbum tanah longsor dan kayu-kayu dari pegunungan sehingga tidak dapat dijangkau dengan kenderaan roda empat dan roda dua. Berangkat dari ibu kota kecamatan sekitar pukul 13.55, tim tiba di lokasi pada pukul 16.30. Wib. Sesampainya di lokasi, tim langsung melakukan pelayanan medis karena masyarakat sudah menunggu. Selain memberikan pelayan medis, Tim juga membawa bantuan logistik berupa beras dan mie instan. Masyarakat setempat sangat antusias karena menurut penuturan seorang warga, hanya dari tim BSMI yang baru memberikan pelayanan kesehatan setelah musibah banjir bandang terjadi. (BSMI Aceh)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *