BSMI

BSMI Sampaikan Duka Cita Atas Tragedi Mina

 

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Pelaksanaan ibadah haji di tahun 2015 ini kembali diuji dengan tragedi yang terjadi di Mina, setelah sebelumnya terjadi jatuhnya Crane yang menimpa para Jemaah haji yang sedang tawaf di sekitar Ka’bah. Beberapa jamaah haji yang meninggal dunia tersebut akibat adanya insiden saling berdesakan antar jamaah sehingga menyebabkan beberapa orang terinjak-injak.

Berdasarkan pada berita online dari situs globalindo.com, jumlah total korban meninggal dunia di Mina, Arab Saudi telah mencapai 1.071 korban jiwa. Dari data tersebut, diperkirakan jumlah korban akan terus bertambah. Pemerintah Arab Saudi telah merilis foto-foto korban wafat secara bertahap. Tahap pertama mereka merilis 500 foto, tahap kedua 350 foto, dan yang ketiga  adalah 257 foto. Dari ketiga tahap tersebut, maka total korban adalah 1.107 jiwa. Dari total korban tersebut, diketahui terdapat 46 Warga Negara Indonesia (WNI) yang turut menjadi korban tragedi di Mina tersebut. Korban tersebut terdiri dari 42 jemaah haji asal Indonesia dan empat warga negara Indonesia (WNI) yang bermukim di Arab Saudi.  Sementara untuk jumlah korban luka yang dirawat di rumah sakit berkurang dari total 10 jemaah menjadi tujuh Jemaah berdasarkan pada pernyataan Kepala Daerah Kerja Mekkah, Arsyad Hidayat di Mekkah Selasa lalu (29/9/2015)

Bulan Sabit Merah Indonesia menyampaikan duka cita atas wafatnya saudara kita pada kegiatan melontar jumrah di Mina pada saat pelaksanaan haji tahun ini. Ketua Umum BSMI, Muhamad Djazuli Ambari  menghimbau kepada para korban luka maupun keluarga para korban supaya tetap bersabar dalam menghadapinya. Menurut Djazuli, langkah yang dapat dilakukan oleh pemerintah RI adalah segera membantu para korban dan mengantisipasi segala harapan para korban maupun keluarganya dalam kaitan pelaksanaan ibadah haji ini bisa berjalan lancar.

“Saran bagi pelaksanaan haji berikutnya, kita dapat menyerukan kepada pemerintah Kerajaan Saudi Arabia untuk memperbaiki jaminan keselamatan para jamaah yang akan semakin banyak jumlahnya dalam waktu dekat ini,” menurut Djazuli ketika ditemui di Markas Besar BSMI Rabu (30/9) lalu.[]

 

Editor: Qanita Azzahra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *