BSMI

BSMI Kota Mataram Berikan Pelayanan Kesehatan di Pulau Gili Gede

 

(Mataram – BSMI.OR.ID) Dalam rangka menyemarakkan 5 tahun BSMI Kota Mataram, seluruh pengurus dan relawan bsmi kota mataram mengadakan bakti sosial di pulau Gili Gede, Sekotong Lombok Barat, Sabtu (1/11). Bakti sosial ini meliputi pelayanan kesehatan utk lansia, pelayanan kesehatan gigi utk anak2 sekolah di sekolah 1 atap SD dan SMP Gili Gede Indah, Penyuluhan kesehatan dg materi mencuci tangan dan menjaga kesehatan gigi, pembagian baju layak pakai, pembagian paket sekolah dan paket kebersihan gigi, serta bersih2 pantai di sekitar gili.

Kegiatan ini melibatkan kurang lebih 100 relawan yg terdiri dari 15 dokter umum, 3 dokter gigi, 3 perawat gigi, 45 para medis, dan 33 relawan non medis dari komunitas Lombok Backpacker dan relawan NTN (Nusa Tenggara for Nusantara) serta 1 orang bidan dari Jepang yang sedang magang di Dinas Kesehatan Lombok Barat.

Lokasi di Pulau Gili Gede, sengaja dipilih dengan pertimbangan bahwa kondisi masyarakat di pulau tersebut yang padat (kurang lebih 1000 KK yang tersebar di 5 dusun di pulau tersebut), dengan mata pencaharian hampir seluruhnya adalah nelayan dengan penghasilan yg tidak menentu. Penghasilan harian mereka tergantung kepada hasil tangkapan melaut sedangkan belum ada fasilitas kesehatan yg memadai, hanya sebuah polindes dg seorang bidan desa, sehingga sebagian besar masyarakat dipulau tsb terpaksa menyeberang menuju puskesmas Pelangan.

Kelangkaan sediaan air bersih dan belum adanya jaringan listrik di gili gede juga menambah kesulitan tersendiri bagi masyarakatnya. Selain itu, menurut pemaparan Plt Kepala Desa Gili Gede bahwa sekolah SD-SMP Satu Atap di Gili tersebut adalah satu-satunya fasilitas pendidikan yg disediakan oleh Pemkab Lombok Barat dengan sebagian besar para pengajarnya berstatus sebagai guru honorer dengan gaji Rp 60ribu/bulan.

Atas pertimbangan kondisi masyarakat yang demikian itulah, maka BSMI Kota Mataram memilih mengadakan bakti sosial di Gili Gede meskipun jarak perjalanan dari mataram menempuh waktu sekitar 2,5 jam untuk sampai ke lokasi.[]

 

Editor: Arif Fahmi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *