BSMI

BSMI Kota Malang Gelar Seminar Kegawatdaruratan Dalam Rumah Tangga

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Dalam rangka membentuk keluarga sadar kegawatdaruratan, Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menyelenggarakan seminar dan workshop Kegawatdaruratan dalam Rumah Tangga (KDRT) pada Minggu (25/10) bertempat di gedung Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) kota Malang, Jawa Timur.

Kegiatan tersebut diikuti oleh 65 peserta dari kaum ibu dan bapak yang berasal dari lima kecematan yakni Klojen, Lowokwaru, Blimbing, Sukun dan Kedungkandang.

Peserta diberikan pengetahuan dan keterampilan praktis pertolongan pertama terhadap kasus kegawatdaruratan yang umum dan sering terjadi di dalam rumah tangga sebelum mendapat penanganan dokter. Beberapa materi tersebut diantaranya yakni materi bidai dan pembalutan, resusitasi dan jantung-paru dasar, dan penanganan luka.

Materi disampaikan oleh Dr. Moch Aleq, SpB, MKes, FINACH (ahli bedah), Syaiful Anwar Dr. Antonius Freddy, SpEM (dokter di IGD RSUD Syaiful Anwar) dan ketua BSMI Malang Dr. Fajar Nazri, MMRS.

“Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman tentang Basic Life Suport (BSF) dan keterampilan penangan kegawatdaruratan rumah tangga bagi seluruh keluarga yang hadir sebagai peserta” ujar Dr. Fajar Nazri, selaku ketua BSMI Kota Malang.

Sebagai follow up dari kegiatan tersebut, BSMI kota Malang membentuk komunitas ‘Keluarga Sadar Kegawatdaruratan‘ dan peserta peserta yang hadir telah resmi sebagai relawan BSMI.

Di akhir acara, peserta dihibur oleh atraksi band dari anak-anak disabilitas Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) yang memiliki kemampuan untuk memainkan alat musik

Bulan Sabit Merah Indonesia merupakan lembaga kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kesehatan dan sosial untuk membantu permasalahan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun mancanegara. Setiap program dan kegiatannya, para relawan yang tersebar di 130 kota/kabupaten di Indonesia tidak membedakan suku, agama, ras, dan atau golongan. []

 

Editor: Ria Rahayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *