BSMI

BSMI Jayawijaya Adakan Program Kemanusiaan di Papua

 

(Papua – BSMI.OR.ID) Lembaga Kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) cabang Jayawijaya menjalankan program kemanusiaan Donasi Muslim Jayawijaya pada Minggu, (18/10) di beberapa titik desa di Jayawijaya, Papua.

Dana bantuan Donasi Muslim Jayawijaya berasal dari donasi kaum Muslimin yang terkumpul mencapai Rp 53.450.000,00. Dana tersebut akan digunakan untuk menjalankan program-program kemanusiaan BSMI Jayawijaya.

Program pertama adalah “Rumah Pintar” BSMI di kampung Hitigima, saat ini terdapat 72 anak terdaftar dalam program ini. Setiap Jumat-Sabtu relawan BSMI menempuh perjalanan 30 menit ke desa Hitigima untuk memberikan pendidikan Agama, mengajar ngaji, pelajaran umum, games2, memberikan tambahan gizi anak, secara rutin demi meningkatkan taraf pendidikan dan kesehatan anak-anak.

Program kedua adalah “Mama Bapa Mengaji” rutin diadakan setiap Jumat & Minggu, Relawan BSMI mengajar pendidikan agama, keterampilan, pemeriksaan kesehatan, bagi bapa dan mama di 2 kampung berbeda, yaitu kampung Walesi dan Hitigima.

Program ketiga adalah “Gizi Buat Mereka,” BSMI turut serta dalam memenuhi asupan gizi bagi para santri di sebuah pesantren di Kampung Walesi yg bernama pesantren Al-Istiqomah yang merupakan pesantren dengan santri para anak-anak muslim suku asli.

Program keempat adalah “BSMI Peduli Bencana” yang sering menyapa warga muslim di perkampungan. Siaga bencana relawan BSMI senantiasa membantu saudara kita berupa bantuan sembako, juga membantu pendirian rumah baru bagi yag terkena dampak bencana.

Program kelima adalah “Koperasi Kitong,” BSMI berupaya memberikan pendidikan dan pelatihan serta membuat sebuah koperasi bagi masyarakat kampung Hitigima. Tujuannya agar masyarakat lebih mandiri dalam mencari penghasilan keluarga.

Program keenam adalah “Mobile Clinic” bagi 11 perkampungan muslim Jayawijaya yg terletak berjauhan, dengan memberikan layanan pengobatan, khitanan masal, dan penyuluhan kesehatan.

Dan program2 lainnya bagi masyarakat di 11 perkampungan muslim diantaranya Walesi Atas, Walesi Bawah, Yagara, Tulima, Megapura, Hitigima, Air Garam, Kurima, Okilik, Apenas, dan Araboda. []

 

Editor: Adi Moch Priyanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *