BSMI

BSMI Jayawijaya Adakan Program Binaan Bagi Warga Papua

 

(Papua – BSMI.OR.ID) Bulan Sabit Merah Indonsia (BSMI) Kabupaten Jayawijawa mengadakan 3 Program Binaan Dasar untuk warga Papua yang berada di Jayawijaya, Jumat (27/11) di tiga tempat, yakni Hatigma, Walesi dan Tulima. Untuk desa Hatigma sendiri sudah berjalan selama 1 tahun, sedangkan untuk Walesi dan Tulima baru berjalan 2 bulan.

Pertama, yankes (pelayanan kesehatan) rutin setap 1 bulan sekali yang terdiri dari pengobatan umum gratis, gigi, penyuluhan sehatan dan lain-lain. Yankes ini juga 24 jam siap membantu masyarakat desa tersebut yang sakit sehingga memerlukan perawatan di RSUD setempat. Dimulai dari menjemput, memasukan pasien ke Rumah Sakit, hingga pasien sembuh dan diantarkan pulang kembali oleh relawan.

Masyarakat Papua yang membutuhkan bantuan BSMI dapat menghubungi BSMI Jayawija, dan sejauh ini sudah 4 pasien yang sudah dibantu pelayanan kesehatannya. Dengan adanya kartu BPJS dan Kartu Papua Sehat, pengobatan tidak lagi di kenakan biaya alias gratois, sedangkan BSMI hanya membantu urusan administrasi dan membantu keluarga pasien.

Kedua adalah pembinaan muslim pribumi yang dilakukan dengan cara membuat kelompok diskusi tentang keislaman bagi ibu-ibu. Jadwalnya hanya 1 kali dalam seminggu terjadwal dari masing-masing kampung, pengajian anak-anak dengan durasi waktu 3 kali seminggu. Khusus di desa Hatigma, program yang sudah dijalankan yakni “Rumah Pintar BSMI“.

Program ini di adakan setiap bulan diikuti oleh ibu-ibu lokal  untuk melakukan pengajian rutin. Materi yang di sampaikan oleh para relawan pun bukan hanya sekedar Iqro dan pengetahuan agama, namun juga ada pelatihan-pelatihan keislaman maupun pelatihan umum, misalnya pelatihan menguunakan hijab dan lain-lain.

Ketiga adalah program “Koperasi“ yaitu di lakukan dengan cara menampung hasil kebun masyarakat Papua di Jayawijaya. Relawan BSMI berupaya membantu menjual hasil kebun masyarakat setempat kepada relasi dari BSMI agar lebih menguntungkan para petani. Jika para petani menjual hasil kebun mereka sendiri, maka akan menelan biaya transportasi yang sangat mahal. karena jarak yang jauh dari kota. BSMI juga memberikan pelatihan bagii masyarakat dengan berbagai keterampilan yang berkaitan dengan mata pencaharian mereka.

Bulan Sabit Merah Indonesia merupakan lembaga kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kesehatan dan sosial untuk membantu permasalahan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun mancanegara. Setiap program dan kegiatannya, para relawan yang tersebar di 130 kota/kabupaten di Indonesia tidak membedakan suku, agama, ras, dan atau golongan.[]

 

Editor: Lisa Aprilia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *