BSMI

BSMI Berbagi Berkah Kurban

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Moment Idul Adha 1431 H, membawa berkah tersendiri bagi masyarakat di negeri ini, khususnya umat Islam. Betapa tidak, bencana yang datang bertubi-tubi, telah membuka mata hati siapa saja untuk berlomba-lomba saling membantu. Tak terkecuali Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).

Pada hari raya kurban kali ini, BSMI melangsungkan penyembelihan hewan kurban di 10 cabang BSMI. Tiga diantaranya dilakukan di lokasi bencana letusan gunung merapi di wilayah DIY-Jateng, Kepulauan Mentawai Sumatera Barat, dan Wasior Papua Barat.

“Di lokasi bencana letusan merapi, penyembelihan hewan kurban dilakukan di posko-posko pengungsian yang ada di Yogyakarta, Klaten, Boyolali, dan Muntilan Magelang. Dari 10 sapi dan 42 ekor kambing, yang sudah dipotong sebanyak empat sapi dan 20 kambing di posko pengungsian Jetisharjo Sleman, Balai Desa Caturharjo Sleman, Bligo Sleman, Muntilan Magelang, Kulonprogo, Keceme Sleman, dan Tempel Sleman. Selebihnya akan disembelih pada Kamis (18/11) dan Jumat (19/11) besok,” kata Ketua Umum BSMI, dr Basuki Supartono SpOT FICS MARS.

 

Tak hanya membagikan daging kurban, lanjutnya, perayaan Idul Adha di posko pengungsian merapi di SMPN 1 Sleman DIY diramaikan pula dengan pemberian bubur kacang hijau bagi para jamaah sholat ied, dan bubur nasi sehat di posko pengungsian GOR Ganjuran Desa Caturharjo.Adapun di kepulauan Mentawai, sambung dr Basuki, penyembelihan dilakukan di Musholla Muhajirin Dusun Masabuk Sikakap dan Masjid Nurul Hikmah Dusun Havea Sikakap dengan masing-masing satu ekor sapi. Daging kurban tersebut didistribusikan kepada para korban tsunami baik muslim maupun nonmuslim. Sedangkan di Wasior, penyembelihan dilakukan di Sekretariat BSMI Cabang Papua Barat di Kampung Makassar Manokwari. Sebanyak satu sapi, tiga bagian sapi, dan satu ekor kambing didistribusikan untuk korban banjir bandang yang masih tinggal di posko pengungsian Lapangan Korem Manokwari, BLK Manokwari dan pengungsi di Kampung Makassar Manokwari.

 

“Sedangkan perayaan hari raya kurban di BSMI Cabang, dilakukan di Rumah Sakit BSMI Cabang Banda Aceh yang merupakan lanjutan dari Rumah Sakit Lapangan pada Tsunami Aceh 2004 silam, BSMI Cabang Padang pasca bencana gempa Sumatera Barat tahun lalu, BSMI Cabang Ciamis dan BSMI Cabang Tegal yang ditujukan untuk para pasien program Mobil Sehat Keliliang KIA (Kesehatan Ibu dan Anak) yang meliputi wilayah Priangan Timur dan Pantura,” ujarnya menambahkan. Sementara itu, salah seorang pengungsi muslim korban tsunami di Mentawai, mengaku senang dan berterimakasih atas pembagian hewan kurban tersebut karena biasanya mereka tidak ada kurban. “Saya sangat berterimakasih kepada BSMI atas pembagian daging kurban ini. Biasanya setiap hari raya kurban, kami yang nonmuslim tidak pernah mendapatkan daging kurban,” ujar salah seorang pengungsi nonmuslim yang juga mendapatkan daging kurban.

 

Yogyakarta, 17 November 2010

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *