BSMI

BSMI akan Gelar Seminar Penanggulangan Bencana

 

BSMI.OR.ID ; (Jakarta) Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) sebagai lembaga kemanusiaan yang fokus pada kebencanaan di Indonesia menyelenggarakan seminar nasional Penanggulangan Bencana yang akan digelar pada Sabtu 7 Juli 2012 di Ruang Pertemuan BNN Lt. 7 Cawang Jakarta Timur.

Tema besar yang diusung oleh BSMI adalah “ Apa dan Bagaimana Peran Pemerintah  dalam penanggulangan bencana di Indonesia”. Beragam Pemangku Kepentingan diundang sebagai narasumber yang akan dibagi menjadi 2 (dua) sesi yaitu di sesi pertama dari BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), BMVKG (Badan Meteorologi, Vulkanologi dan Geofisika) dan Kementerian Sosial RI.  Sesi kedua akan diisi dari Kominfo RI (Kementerian Komunikasi dan Informasi), BNN (Badan Narkotika Nasional) dan terakhir dari Dinas Pemadam Kebakaran DKI.

BNPB sebagai Lembaga Pemerintah non departemen “Leader Coordinator” dalam penanggulangan bencana akan memaparkan perannya bersanding dengan pemetaan wilayah rawan bencana yang disampaikan oleh BMVKG serta Pemerintah melalui Kementerian Sosial dengan program bantuan-bantuan sosial yang biasa diberikan kepada korban bencana.

Informasi bencana alam dan bencana sosial menjadi vital maka disaat itulah Kementrian Komunikasi dan Informasi RI memiliki strategi penyampaian kepada publik. Bencana Sosial seperti penyalahgunaan narkoba telah menjadi momok yang menakutkan bagi generasi muda Indonesia yang korbannya saja setiap hari tewas berjatuhan. Bencana kebakaran menjadi ancaman bagi tiap penghuni bangunan maupun pemukiman, apa dan bagaimana peran Dinas Pemadam Kebakaran akan dipaparkan dalam seminar nasional penanggulangan bencana.

BSMI menyadari sinergi penanganan bencana baik itu bencana alam maupun bencana sosial tidak dapat lepas dari Peran Pemerintah dalam penanggulangan bencana menurut siklusnya yaitu fase pra bencana, tanggap darurat dan masa rehabilitasi. Oleh Karenanya media seminar yang diadakan ini menjadi forum kesamaan misi pelayanan kepada masyarakat dan edukasi masyarakat  tentang lembaga-lembaga yang selama ini aktif.(Dul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *