BSMI

BSMI Gelar Seminar Kesehatan di Padang

 

(Padang – BSMI.OR.ID) Relawan yang hendak memberikan pertolongan terhadap korban kecelakaan maupun bencana alam, harus memiliki pengetahuan dasar soal penanganan cedera. Bila tidak, bisa saja pertolongan yang diberikan justru semakin membahayakan korban.

”Setiap relawan harus mengetahui prioritas penanganan, dan mampu mengidentifikasi adanya cidera anggota gerak dan mampu melakukan penanganan awal,” ujar dr Rizki Rahmadian saat menjadi narasumber dalam seminar kesehatan yang dihelat Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) Sumbar, di Auditorium Gubernuran Sumbar, Jumat (6/5).

Selain menghadirkan dr Rizki, juga tampil narasumber Budhi Mulyadi dengan materi ”Rehabilitasi Pascabencana dan Metode Distribusi Logistik”, termasuk mencegah kekacauan dalam menerima bantuan logistik dan mencegah penolakan relokasi korban.

Ketua Panitia, Yostrizal menyebutkan bahwa seminar ini digelar dalam rangkaian pelantikan dewan pengurus BSMI Sumbar, sekaligus juga menjadi ajang pembekalan dari para peserta untuk siap membantu korban bencana yang mengalami cedera dan metode pendistribusian logistik yang benar.

”Seminar ini merupakan rangkaian kegiatan diklatpim dan pelantikan pengurus BSMI Sumbar, serta kabupaten/kota,” katanya.

Usai seminar, dilanjutkan dengan pelantikan dewan pengurus BSMI Sumbar yang dilakukan Ketua Dewan Pimpinan Nasional BSMI M Djazuli Ambari, disaksikan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan sejumlah institusi terkait.

Kepengurusan dewan pengurus BSMI Sumbar dipimpin Ketua drg Harfindo, Sekretaris dr Fitria Heny, Bendahara dr Frista Maulina.

Kepengurusan dilengkapi dengan ketua bidang, masing-masing Ketua Bidang SDM dr Rhandyka Rafli, Ketua Bidang Pendidikan dan Pelayanan Kesehatan dr Poby Karmendra, Ketua Bidang Tanggap Bencana dan Logistik Dr Badrul Mustafa dan Ketua Bidang Humas, Media dan Hukum Ardhian Agung.

Ketua BSMI Sumbar, Harfindo dalam sambutannya menyebutkan, BSMI merupakan mitra pemerintah dalam penanganan masalah kemanusiaan. BSMI selalu hadir di tengah masyarakat setiap kali terjadi bencana di daerah ini.

”BSMI selalu ada di tengah masyarakat dalam menangani masalah kemanusiaan dalam semangat kebersamaan,” ujarnya. []

 

Sumber Berita: Koran.padek.co

Editor: Pardian Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *