BSMI

Aksi Kemanusiaan BSMI-Wardah Bantu Banjir Sumatera

(Pangkal Pinang – BSMI.OR.ID) Bencana banjir besar dan longsor pertengahan Februari 2016 lalu telah melanda di beberapa daerah di Sumatera yang menyebabkan kerusakan infrastruktur, pemukiman yang terendam banjir dan tertutupnya akses jalan. Berbagai kerusakan tersebut melumpuhkan aktivitas dan perekonomian warga yang hingga saat ini masih mengharapkan bantuan dari berbagai pihak. Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) berkerjasama dengan Wardah Cosmetics melalui program “Peduli Banjir dan Longsor Sumatera” memberikan upaya bantuan kemanusiaan untuk meringankan penderitaan para korban bencana.

Penyaluran bantuan sembako di Pelalawan (Riau) menggunakan kapal kecil (pompong) karena terputusnya akses jalan akibat terendam banjir.

Ketua Umum BSMI Muhamad Djazuli Ambari, SKM, M.Si mengatakan program “Peduli Banjir dan Longsor Sumatera” serentak diadakan di empat provinsi yakni Binjai (Sumut), Pasaman (Sumbar), Kampar dan Pelalawan (Riau) serta Pangkal Pinang (Bangka Belitung) pada Sabtu-Ahad (20-21/2). Bantuan yang disalurkan antara lain dengan menerjunkan para relawan BSMI untuk memberikan pemeriksaan kesehatan gratis untuk 1000 pasien, trauma healing untuk 500 anak dan pelayanan dapur umum. Selain itu, BSMI juga menyalurkan 1000 paket sembako, 200 perlengkapan masak, 250 perlengkapan sekolah, 500 pampers manula/balita dan pembalut wanita.

Ketua Umum Muhamad Djazuli Ambari memberikan keterangan pers kepada wartawan/reporter lokal terkait pemberian bantuan ke warga Pangkal Pinang.

Distribusi bantuan kemanusiaan di empat provinsi, lanjut Djazuli, merupakan bentuk kepedulian BSMI kepada mereka yang menjadi korban bencana. Hingga kini, BSMI masih membuka uluran tangan para donatur dari masyarakat umum dan pelaku usaha untuk meringkan penderitaan korban bencana di Sumatera.

Trauma healing kepada anak-anak Pasaman (Sumatera Barat)

Pembina BSMI Dr. dr. Basuki Supartono, SpOT, FICS, MARS yang turut terjun menyalurkan bantuan di Pangkal Pinang, Sabtu (20/2) mengatakan penyaluran bantuan ini sebagai amanah BSMI dari para donatur yang menyumbangkan sebagian rizkinya membantu korban bencana melalui BSMI. “Semoga bantuan ini bisa dirasakan manfaatnya oleh warga yang terdampak bencana dan bisa mengurangi penderitaan saudara-saudara kita,” harap Dr. Basuki

Ketua BSMI Prov Sumatera Utara dr. Nuryunita Nainggolan bersama Walikota Binjai memberikan bantuan kebutuhan pokok kepada warga Binjai (Sumatera Utara)

Bulan Sabit Merah Indonesia merupakan Lembaga Kemanusiaan Nasional yang bersama pemerintah membantu permasalahan kemanusiaan dan sosial di dalam negeri maupun mancanegara yang dalam penyaluran bantuannya tidak membedakan suku, agama, ras dan antar golongan. []

 

Editor: Pardian Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *