BSMI

Diklatsar Relawan BSMI Ikuti Pelatihan dan Workshop Water Rescue

 

(Jakarta – BSMI.OR.ID) Lembaga kemanusiaan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menggelar Pelatihan dan Workshop “ Water Rescue” yang bekerjasama dengan Basarnas (Badan SAR Nasional). Acara tersebut diadakan di kantor pusat Basarnas dan Pantai Marina Ancol, Jakarta, Sabtu (28/11) yang merupakan bagian dari rangkaian program Diklatsar (Pendidikan dan pelatihan Dasar) relawan BSMI Angkatan 2015.

Pelatihan dan Workshop Water Rescue tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill relawan-relawan tentang upaya-upaya penanganan bencana dan pertolongan kepada korban yang terjadi di air secara profesional.

Acara yang dimulai sejak pukul 07.00 WIB sampai 17.00 WIB itu diikuti sekitar 26 peserta Diklatsar yang dipandu oleh instruktur dari BSMI dan Basarnas. Para peserta begitu antusias dalam mengikuti acara. Berbagai macam pelajaran yang diberikan oleh instruktur diikuti dengan baik. Karena pelatihan ini sangat bermanfaat, para peserta akan mengetahui bagaimana cara menyelamatkan korban yang terjebak di dalam air dan dapat melindungi diri si penolong dari kecelakaan saat menolong korban.

Dalam pelatihan tersebut BMSI dan Basarnas memberikan beberapa pengetahuan dasar seperti menjelaskan bagaimana cara untuk melakukan pertolongan di air, self rescue, bahaya yang ada di air, faktor- faktor yang mempengaruhi terhadap kegiatan pertolongan didalam air dan masih banyak lagi.

Di ujung acara, instruktur BSMI Bpk Mamuri menegaskan kepada para peserta agar senantiasa meluruskan niat yang ikhlas karena Allah SWT saja karena bisa jadi pelatihan ini adalah amal yang terbaik kita dihadapan Allah.  “Menjaga kepercayaan dari pengurus perhimpunan dan para donatur yang telah mendukung kegiatan ini agar dikemudian hari menjadi orang yang memberikan kontribusi dalam penanganan kemanusiaan. Selain itu, marilah menjadikan BSMI sebagai rumah para relawan untuk berkomitmen loyal dan berbuat kebaikan,” ujar Mamuri.

Bulan Sabit Merah Indonesia merupakan lembaga kemanusiaan yang bergerak dalam bidang kesehatan dan sosial untuk membantu permasalahan kemanusiaan baik di dalam negeri maupun mancanegara. Setiap program dan kegiatannya, para relawan yang tersebar di 130 kota/kabupaten di Indonesia tidak membedakan suku, agama, ras, dan atau golongan.[]

 

Editor: Muhammad Sulindavin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *