BSMI

BSMI dan YBM BRI Khitan 226 Anak di Ende

 

(Ende – BSMI.OR.ID) Sebanyak 226 orang anak diKabupaten Ende mengikuti kegiatan Khitanan massal yang dilaksanakan selama dua hari, Sabtu (20/2/2016) hingga Minggu (21/2/2016) bertempat di Taman bermain Islam Terpadu Al- Fatih, Jalan Anggrek, Kota Ende.

226 orang anak itu masing-masing berasal dari Kecamatan Ende Selatan sebanyak 128 orang, Kecamatan Ende Tengah 22 orang, Kecamatan Ende Timur 12 orang, Kecamatan Ende Utara 41 orang, Kecamatan Ende 4 orang, Kecamatan Nangapanda 3 orang, Kecamatan Ndona 6 orang, Kecamatan Pulau Ende 10 orang.

Ketua Panitia penyelenggara Khitanan, Muhammad Daeng dalam laporannya mengatakan bahwa khitanan massal sebagai wujud ukhuwah Islamiyah dan solidaritas sesama Muslim selain itu adanya tafahum (saling memahami) segala persoalan yang dihadapi oleh saudaranya sesama Muslim untuk selanjutnya melakukan taawun (saling membantu) serta takaful (saling menanggung).

Hal tersebut dilakukan Bulan Sabit Merah Indonesia dan Yayasana Baitul Maal BRI bekerja sama dengan Yayasan Bisma Kabupaten Ende yang menyelenggarakan kegiatan bersifat social berupa khitan massal.

Tujuan kegiatan khitanan massal ujar Muhammad untuk mengikuti dan melestarikan Sunnah Rasul berupa ibadah khitan, membantu meringankan beban para orang tua yang dikhitan dalam hal biaya serta mensyiarkan Syariat Islam kepada masyarakat tentang khitan.

Bupati Ende, Marsel Petu dalam sambutannya yang dibacakan Asisten Administrasi Umum Sekda Ende, Yosep Vitalis Tote mengatakan pelaksanaan kegiatan khitanan massal yang dilaksanakan oleh yayasan BISMA bekerjasama dengan Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) patut diberikan apresiasi yang tinggi yang telah memprakarsai khitanan massal ini.

Pemerintah mengakui dalam pembangunan Iman Muslim di daerah ini, pemerintah tidak mungkin bisa bekerja sendiri, tetapi pemerintah tentunya mengharapkan dukungan penuh dari kelompok kelompok masyarakat maupun kelompok keagamaan.

Terkait dengan harapan pemerintah ini, Yayasan BISMA yang mengandeng Bulan Sabit Merah Indonesia membuktikan akan dukungannya kepada pemerintah Kabupaten Ende dengan menggelar kegiatan khitanan massal. Inilah yang selalu dan sering dikatakan pentingnya bekerjasama dan sama sama bekerja.[]

 

Sumber Berita: Tribunnews

Editor: Pardian Sulaiman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *