BSMI

BSMI Kota Lombok Gelar Bulan Bakti Sosial di 4 Lokasi

 

(Lombok – BSMI.OR.ID) Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) sebagai lembaga kemanusiaan nasional yang selalu memiliki berbagai kegiatan berbeda di setiap daerahsetiap pekannya. Relawan-relawan BSMI yang selalu aktif menjalankan kegiatan sosial dan selalu memiliki inovasi baru yang langsung dituangkan dalam bentuk kegiatan yang langsung terjun ke lapangan bertemu dengan lapisan masyarakat.

Seperti kali ini, kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan oleh BSMI Kota Lombok yang berlangsung selama di bulan November 2015 berturut-turut dalam setiap minggunya dan di tempat yang berbeda – beda.

Pada pekan pertama yang berlokasi di Praya, Lombok, pekan keduakedua berlokasi di Paok Montong (Lombok Timur), pekan ketiga di Montong Are (Mataram), dan pekan keempat berlokasi di Ampenan (Mataram).

Kegiatan pertama berupa pelayanan kesehatan bagi para Lansia yang usia rawan penyakit yang terkadang pasien sendiripun tidak sadar jika terkena suatu penyakit. Akibat faktor umur biasanya menjadi alasan bahwa sakit di usia lanjut adalah biasa. Padahal, manusia yang masih sehat harus sebisa mungkin menjaga kesehatan kita berapapun usia kita.

Kedua adalah penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) untuk anak-anak sekolah dan santri sekaligus pemberian gizi tambahan untuk Lansia dan anak-anak. Kebersihan dan pemeliharaan kesehatan harus dilakukan sedini mungkin sehingga hal itu akan dijadikan sebagai kebiasaan yang akan dilakukan sampai tua nanti. Motto “mencegah lebih baik daripada mengobati” merupakan motto yang sangat pas untuk kita semua.

Pada setiap lokasi kegiatan pemeriksaan kesehatan, partisipannya  sebanyak 125 pasien Lansia dan 200 pasien dari murid-muris SD dan SMP. Minat masyarakat terhadap kegiatan ini sangatl luar biasa mengingat BSMI telah berkontribusi membantu pertolongan di daerah bencana.

Penutup rangkaian Bulan Bakti Sosial, dilaksanakan di Pondok Pesantren NW Selaparang, Kediri,Lombok Barat. Relawan melayani pengobatan dan pemberian paket gizi tambahan kepada 175 pasien, serta penyuluhan PHBS untuk 500 santriwan/santriwati pondok pesantren. Kegiatan di lokasi ini dihadiri oleh direksi PLN setempat, Pimpinan Pondok Pesantren NW Selaparang, Direktur DASI NTB serta Kabid Kesra Pemkab Lombok Barat.

Total warga Lombok yang berpartisipasi pada rangkaian acara Bulan Bakti Sosial sebanyak 675 pasien lansia dan penyuluhan PHBS kepada 1000 pelajar di 5 lokasi tersebut. Pastinya , kegiatan ini memberikan sumbangsih yang besar bagi masyarakat luas dan banyak hal positif yang mereka dapat dari kegiatan sosial-kesehatan yang dilakukan oleh BSMI.[]

 

Editor: Lady Vanishta Manus

2 thoughts on “BSMI Kota Lombok Gelar Bulan Bakti Sosial di 4 Lokasi

  1. Mudrikah Darajati

    BSMI CARE FOR LIFE

    Semoga para relawan tetap istiqomah utk membantu sesama dan setiap kegiatan yg dilakukan mendapat keberkahan dr Allah SWT.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *