BSMI

Talkshow Waspada Diabetes Mellitus dan Hipertensi di Medan

 

(Medan –  BSMI.OR.ID) Unit Kegiatan Mahasiswa Islam (UKMI) Ar-Rahman, Universitas Negeri Medan menyelenggarakan Talkshow Waspada Diabetes Mellitus dan Hipertensi di ruang serbaguna Unimed. Kegiatan Talkshow ini menghadirkan pembicara Ketua Bidang Pelayanan Kesehatan BSMI Provinsi Sumatera Utara, ibu dr.Fitria Ramadhani Sitorus Pane.

Pada kesempatan tersebut ibu dr.Fitria Ramadhani Sitorus Pane yang akrab disapa dr.Fitria ini menjelaskan Diabetes Mellitus (DM) dan Hipertensi merupakan penyakit degeneratif yang banyak menyerang penderita usia tua, walaupun ada juga jenis Diabetes Mellitus yang menyerang usia muda yakni DM type I dan DM pada kehamilan. Begitu juga dengan Hipertensi, ada hipertensi essensial yang jelas penyebabnya seperti phaekomositomadan hipertensi pada kehamilan.

Diabetes Mellitus (DM) type II merupakan penyakit yang paling banyak dijumpai disebabkan oleh faktor resistensi insulin dan hiperlipidemia.  Peningkatan angka prevalensi (kekerapan) dari DM dan Hipertensi ini tidak terlepas dari kurangnya pengetahuan sebagian besar masyarakat kita sehingga sebagian masyarakat baru datang berobat ketika komplikasi sudah terjadi. Saya sangat mengapresiasi kegiatan talkshow yang diselenggarakan oleh UKMI Ar-Rahman Unimed ini karena dengan kegiatan-kegiatan seperti inilah maka mahasiswa dan masyarakat akan memperoleh informasi kesehatan sehingga nantinya masyarakat dapat terhindar dari komplikasi yang ditimbulkan oleh DM dan Hipertensi, ujar dr.Fitria.

dr.Fitria juga menjalaskan bahwa pencegahan merupakan kunci penting untuk mengurangi penderita DM dan Hipertensi, pencegahan dapat dilakukan dengan tidak merokok (terpapar terlalu lama dengan perokok), menjaga pola makan, melakukan aktivitas seperti olahraga, menangani masalah sehingga menimbulkan stres, menurunkan berat badan jika ternyata terindikasi overweight, serta melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin terutama diatas usia 40 tahun (khususnya keluarga inti) juga bagi penderita diabetes dan hipertensi.

Talkshow berlangsung dengan lancar dan mahasiswa sangat antusias bertanya berbagai hal terkait DM dan Hipertensi, acara kemudian di tutup dengan pesan dari dr.Fitria, mari kita hidup sehat dengan tubuh yang sehat maka kita akan terus bermamfaat bagi orang disekitar kita, dan disambut riuh tepuk tangan dari mahasiswa.[]

 

Sumber Berita: BSMI Sumut

Editor: Pardian Sulaiman

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *