BSMI

Aksi BSMI Untuk Korban Merapi

(Sleman – BSMI.OR.ID) Kepedulian terhadap pengungsi Merapi Yogyakarta terus dikibarkan oleh Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI).  Jumat (19/11) BSMI ‘melirik’ pengungsi yang terdiri dari ibu-ibu hamil, mereka merupakan kelompok yang butuh perhatian lebih karena rentan terhadap kesehatan dan janin. BSMI telah melakukan pemeriksaan USG gratis dan melayani 20 pasien (15 pasiendi posko Jetisharjo, 5 pasien di posko Masjid Agung Sleman).

Satu lagi inovasi BSMI yaitu mendirikan Warung Gratis BSMI yang dijaga oleh para Relawan BSMI. Terdengar unik, karena gratis yang dimaksud adalah pengungsi bebas gratis mengambil menu yang disajikan warung tenda tersebut dan dijamin Gizi, Keamanan dan kesehatan makanan yang disajikan. Suplemen makanan yang diberikan kepada pengungsi berupa:

  • Susu sapi segar dan susu kedelai sebanyak 300 cup
  • Jagung manis siap santap 100 cup
  • Es campur sebanyak 100 cup
  • Snack/ Kue bolu sebanyak 300 paket

Diwaktu yang sama bentuk program Psikososial buah kreasi tim psikologi BSMI yaitu menyelenggarakan kegiatan ‘Melukis Tong Sampah’ yg diikuti oleh 30 orang anak – anak pengungsi. Anak-anak dialihkan perhatian untuk berkonsentrasi berlomba berkreasi tong-tong sampah yang akan disebar di sudut-sudut Posko pengungsi. Hal ini juga menstimulus mereka dan keluarga anak-anak untuk menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya.

Sebagai koor pelayanan utama BSMI yaitu dibidang kesehatan pelayanan kesehatan umum (pemberian suplemen bagi lansia) diberikan di di GOR Ganjuran, Desa Caturharjo dan pemberian paket ibadah bagi pengungsi juga dilaksanakan ditempat yang sama. Masih dalam suasana Idul Adha pemotongan hewan kurban berupa 2 ekor sapi + 15 ekor kambing, dibagikan kepada seluruh pengungsi di posko pengungsi Masjid Agung Sleman. Acara bertajuk ‘Makan Sate Bersama’ dari daging hewan kurban, ditusuk, dibakar dan dibumbui oleh masing2 pengungsi dan bersama-sama mereka menikmati dengan fasilitasi BSMI.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *