BSMI

6 Tahun Tsunami Aceh, RSU BSMI Tegak Berdiri

(BSMI.OR.ID) 24 Desember adalah peristiwa yang tidak dapat dilupakan bangsa Indonesia bahkan dunia. Tsunami aceh yang merenggut lebih dari 100,000 jiwa menyisakan Nanggroe yang mesti dibangun kembali. Program-program Rumah Sakit Lapangan BSMI pada saat tanggap darurat kini ditindaklanjuti  dengan pembangunan RSU BSMI yang beralamat di Jl. Malikus Saleh, Lamlagang Kota Banda Aceh.

Empowerment atau Pemberdayaan, merupakan isu penanggulangan masalah sosial kesehatan yang sudah mendunia dan banyak diterapkan baik negara maju maupun negara-negara berkembang. Ketika banyak keluhan bahwa banyak lembaga pelayanan yang memberikan bantuan untuk korban-korban bencana yang sifatnya hanya insidental, sementara kebutuhan jangka panjang mereka banyak dilupakan disaat mereka tidak lagi memiliki sumber daya lagi.

Bulan Sabit Merah Indonesia (BSMI) menerapkan pendekatan Pemberdayaan Masyarakat (Community Development) untuk kondisi tertentu. sebut saja Aceh dan Klaten (Yogyakarta) yang keduanya tertimpa bencana yang sangat dasyat, ‘tsunami’ bantuan banyak mengalir ke kantong-kantong posko bantuan. disaat waktu berjalan, banyak yang berbondong-bondong hengkang melupakan bahwa mereka masih menyisakan duka. Di Kota Banda Aceh BSMI mendirikan RSU Bulan Sabit Merah Indonesia tepatnya di jl. Lamlagang Kota Banda Aceh, sebagai kelanjutan penanganan bencana dari emergency hingga pasca bencana. Disamping itu juga memberikan pelayanan kesehatan jangka menengah dan jangka panjang. yang perlu dicatat adalah seluruh staff RSU BSMI di Banda Aceh adalah dari warga setempat. atas fasilitasi BSMI pusat, pelatihan dan pendidikan manajemen serta ketrampilan teknis lainnya, BSMI merekrut Relawan yang kemudian mereka menjadi staff untuk menjalankan RSU tersebut tentunya dengan pengawasan agar prinsip profesionalitas tetap terjaga. dari masyarakat Aceh untuk warga Aceh. Kini seluruh warga Aceh mengenal adanya Lambang Bulan sabit Merah sebagai keseharian tanda pengenal pelayanan kemanusiaan bagi mereka. (Dul)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *